Selamat Datang

Perilaku Konsumen pada Pasar Konsumsi dan Pasar Bisnis

PASAR KONSUMEN DAN TINGKAH LAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI
Pasar konsumen:
“Semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang dan jasa
untuk konsumsi pribadi “
Tingkah laku membeli konsumen:
“Perilaku membeli konsumen akhir (individu dan rumah tangga) yang membeli barang
serta jasa untuk konsumsi pribadi. “

Model Tingkah Laku Membeli:
1. Karakteristik yang Mempengaruhi Tingkah Laku Konsumen
2. Perangsang
3. Penjualan
4. Produk
5. Harga
6. Tempat
7. Promosi
8. Perangsang
9. Lainnya
10. Perekonomian
11. Teknologi
12. Politik
13. Budaya
14. Karakter

Sumber: http://www.scribd.com/doc/13564847/Perilaku-konsumen


MEMAHAMI PROSES PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN
Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi,penetapan harga,promosi,serta distribusi atas gagasan,barang,dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi sasaran perseorangan dan organisasi


Perilaku Konsumen adalah tingkah laku atau perilaku manusia yang menyebabkan terciptanya permintaan
pasar.

STP dalam pemasaran :
1.Segmentasi Pasar, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar
keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam
beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung
bersifat homogen dalam segala aspek.
Pembagian segmen pasar:
• Segmentasi pasar bisnis, membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses)
terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek.
Segmentasi pasar yang efektif, dapat diukur, dapat dijangkau, dapat dibedakan,
dapat diambil tindakan.
Pengidentifikasian Segmen Pasar :
• Variabel Geografis, unit geografis yang bisa dipertimbangkan dalam mengembangkan satu strategi segmentasi.
• Variabel Demografis, menggambarkan populasi dengan mengidentifikasi ciri-ciri tertentu seperti usia, pendapatan, gender, latar belakang etnis, status perkawinan, ras, agama, dan kelas sosial.
• Variabel Psikografis, seperti gaya hidup, minat, dan sikap.
• Variabel Perilaku, merujuk kepada cara konsumen menggunakan produk, manfaat yang mereka harapkan, alasan mereka membelinya, dan kesetiaan mereka terhadap produk tersebut.

2.Targeting, sasaran pasar yang di bidik, mencakup :
• Konsentrasi segmen tunggal, Perusahaan memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.
• Spesialisasi selektif, Perusahaan memilih sejumlah

Sumber: http://www.scribd.com/doc/22467258/Pemasaran-Dan-Perilaku-Konsumen